PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK PENINGKATAN PEMASARAN BENUR UDANG VANNAMEI PADA MASYARAKAT NELAYAN DESA BATU PUTIH

Roslindah Daeng Siang, Andi Irwan Nur, Halili Halili, Muhammad Ramli, Andi Besse Patadjai, Desy Sriwulan, Ryan Budiyanto

Sari


Pembinaan perusahaan kepada masyarakat dalam mengembangkan minitech backyard, harus diiringi dengan pembinaan strategi pemasaran salah satunya melalui pembinaan digital marketing untuk memperluas pangsa pasar. Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan informasi dan pengetahuan digital marketing dalam memasarkan benus udang vannameii Di Desa Batu Putih  Kecamatan Kolono Timur Kabupaten Konawe Selatan. Dalam mendukung efisiensi dan peningkatan pangsa pasar benur udang vannameii yang berbasis internet diharapkan dapat terpublikasi secara global. Diharapkan pula  kedepannya kelompok usaha  dapat menjadi contoh dan dapat membagi pengetahuan dan pengalamannya memasarkan produk secara digital kepada masyarakat di sekitarnya. Pelaksanaan kegiatan pengabdian yang dilakukan yaitu ceramah singkat atau pengenalan kepada peserta pelatihan dalam memasarkan produk dengan strategi digital marketing sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga, pemutaran vidio contoh iklan dalam memasarkan produk dengan media sosial, praktek cara membuat iklan dalam memasarkan produk dengan menggunakan media social (Instagram, Facebok, Whatshapp, Twiter, Snackvideo, Youtube) serta contoh pemasaran produk melalui media social dengan akunnya masing masing. Kegiatan pembinaan dan pendampingan dilakukan oleh mahasiswa sampai masyarakat peserta pelatihan benar benar mampu melakukan pemasaran dengan menggunakan teknologi dan media sosial yang biasa mereka gunakan sehari hari. Berdasarkan hasil kegiatan pelatihan, maka dapat disimpulkan bahwa para nelayan dan keluarganya dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pemasaran digital dari benur udang vannamei  dan meningkatnya inovasi pasar untuk peningkatan pangsa pasar benur udang vannamei di Desa Batu Putih Kecamatan Kolono Timur Kabupaten Konawe Selatan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh influencer marketing sebagai strategi pemasaran digital era moderen (Sebuah studi literatur). Eksekutif, 15(1), 133-146.

Mangampa, M. Suwoyo, H.S. 2010. Budidaya Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) Teknologi Intensif Menggunakan Benih Tokolan. J. Ris. Akuakultur 5(3): 351-361.

Ishak, E., & Siang, R. D. (2013). Penguatan kapasitas kelompok nelayan wirausaha mandiri melalui transfer teknologi tepat guna. Manajemen IKM, 10(1), 9-16.

Lindawati, S., Hendri, M., & Hutahaean, J. (2020). Pemasaran Digital. Yayasan Kita Menulis.

Yunarty, Y., Kurniaji, A., Budiyati, B., Renitasari, D. P., & Resa, M. (2022). Karakteristik kualitas air dan performa pertumbuhan budidaya udang vaname (Litopenaeus vannamei) pola intensif. PENA Akuatika: Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan, 21(1), 75-88.

Sa'adah, W., & Milah, K. (2019). Permintaan Udang Vannamei (Litopenaeus vannamei) di Kelompok Pembudidaya Udang At-Taqwa Paciran Lamongan. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 5(2), 243-251.

Siang, R. D., Patadjai, A. B., Nur, A. I., & Intihanah, I. (2024). Inovasi Produk Olahan Ikan Bandeng Berorientasi Pasar Dan Berbasis Potensi Sumberdaya Perikanan Di Kabupaten Bulukumba, Indonesia. Bina Bahari, 3(2), 49-64.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

BINA BAHARI ~ KARYA NYATA KERJA KITA 

Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi
Pontianak 78124
Kalimantan Barat
Indonesia