EDUKASI MITIGASI BENCANA BANJIR DI SEKOLAH DASAR PERTIWI KOTA PONTIANAK KALIMANTAN BARAT

Tia Nuraya, muhammad hamdi ramdan

Sari


Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat merupakan salah satu daerah yang rawan terhadap bencana banjir. Terjadinya banjir pada daerah ini disebabkan oleh pasangya air Sungai Kapuas dan juga curah hujan yang tinggi. Pendidikan bencana pada pelajar penting untuk dilakukan salah satunya dengan sosialisasi. Sosialisasi yang kami laksanakan terletak di Sekolah Dasar Pertiwi yang di pimpin oleh kepala sekolah Hartini, S,Pd. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat melalui kegiatan sosialisasi dengan pendekatan kualitatif. Kegiatan yang dilakukan berupa sosialisasi mengenai materi kebencanaan yang berpotensi di wilayah tersebut. Tahapan dari PKM ini yaitu Proses pengurusan perizinan, berkoordinasi dengan sekolah terkait perihal waktu dan tempat, menyiapkan topik atau materi yang akan disampaikan dalam kegiatan sosialisasi, dan terakhir yaitu evaluasi kegiatan. Pelaksanaan sosialisasi yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Pertiwi dilaksanakan pada hari Kamis 25 Januari 2024. dapat memberikan pengetahuan kepada pelajar SD Pertiwi Kota Pontianak terkait penanggulangan banjir di Kota Pontianak sehingga dapat meningkatkan pemahaman mengenai kebencanaan. Dalam hal keberlanjutan, perlu diadakan pemeliharaan dan pengawasan sebagai kontrol dengan tujuan solusi yang ditawarkan oleh pelaksana mampu berguna dan bermanfaat secara optimal bagi siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, A. A., Hanum, A. N. L., Hanum, A. N. A., Hermawati, E., Ibrahim, I., & Susilarasati, S. 2023. Penghijauan lingkungan sekolah sebagai upaya pendidikan mitigasi perubahan iklim di SMP Negeri 29 Pontianak Utara. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 2191-2195.

Anasi, P. T., Harjanti, D. T., & Adlika, N. M. 2022. EDUKASI MITIGASI BENCANA BANJIR SISWA SD NEGERI 27 PONTIANAK TENGGARA. Pijar Mandiri Indonesia: Jurnal Pelatihan, Pengembangan, dan Pengabdian Masyarakat, 2(4), 250-258.

Azmiyati, U., dan Jannah, W. 2023. Edukasi Sadar Bencana Melalui Sosialisasi Kebencanaan Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Eco School Nusantara Terhadap Mitigasi Bencana. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1-5.

Budiman, L., dan Akbar, L. M. T. 2023. PENGENDALIAN BENCANA ALAM BANJIR DI KABUPATEN SUMBAWA BARAT. Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(1), 421-430.

Hasibuan, H. S., dan Tumuyu, S. S. 2023. Perencanaan Pembangunan Berkelanjutan. Universitas Indonesia Publishing.

Herawati, H. 2019. Mitigasi Bencana Berbasis Kearifan Lokal di Desa Wajok Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal TEKNIK-SIPIL, 19(2), 28-39.

Nurhidayati, E. 2022. Konsep Blue-Green Infrastructure (Bgi) Melalui Permeable Pavements Pedestrian dan Kolam Retensi untuk Mitigasi Genangan Banjir di Kota Pontianak. Jurnal Planologi, 19(1), 92-110.

Pahleviannur, M. R. 2019. Edukasi sadar bencana melalui sosialisasi kebencanaan sebagai upaya peningkatan pengetahuan siswa terhadap mitigasi bencana. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 49-55.

Salim, M. A. 2018. Penanganan banjir dan rob di wilayah Pekalongan. Jurnal Teknik Sipil, 11, 15-23.

Suntari, Y. 2018. Persepsi Guru Sekolah Dasar Jakarta Utara Terhadap Mitigasi Bencana Banjir. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 79-86.




DOI: https://doi.org/10.26418/binabahari.v3i1.47

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Hak cipta © 2021 Bina Bahari, kecuali untuk beberapa konten dimiliki oleh pihak ketiga. Produk ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License.

<Flag Counter